Kesimpulan Perbedaan Knitting dan Crochet

Saya sudah menjelaskan apa itu knitting dan crochet.

So kesimpulannya begini

1. Kalau bahasa inggris, knit = merajut. Crochet=merenda. So kalau kamu google pola di internet gunakan bahasa dengan benar. Knit pattern atau crochet pattern.

2. Alatnya knit banyak banget, yang basic aja minimal 2. Sedangkan crochet cukup 1 hakken saja. Kalau soal printilan seperti stitch marker, jarum tapestry dll sama aja banyaknya sih menurut saya.

3. Simbolnya polanya beda. Knitting berupa garis lurus. Crochet bisa tanda silang,tanda tambah dll.

4. Jenis tusuknya juga beda. Knitting pake knit (K), purl (P), K2tog etc. Crochet pakai SC (single stitch), HDC (half double crochet), DC (double crochet), slst (slip stitch), picot etc.

5. Kalau knitting yang dibolak balik needlenya (breiennya) kalau crochet yang dibolak balik adalah object benangnya.

6. Kalau mau bikin baju enakan pake knit kalau menurut saya *tapi susah huhu*. Crochet juga bisa sih tapi hasilnya lebih afdol yang knit. Hehe
Crochet lebih banyak dan mudah untuk variasi bentuk seperti amigurumi, bentuk hiasan, etc.

Tips and Trick
FAQ

1. Kalau beli alat enaknya yang mana?

Kamu pemula atau bukan. Kalau pemula belilah yang biasa saja. Dengan harga masih dibawah Rp.10.000. Begitu juga dengan benang banyak benang lokal yang terjangkau kalau untuk pemula seperti benang katun (ply besar dan ply kecil). Ntar kalau udah expert baru beli alat&bahan yang lebih aduhai nyamannya lagi alias secara ergonomi ga bikin pegel. Emang sih saya akui yang kalau alat&bahan impor emang lebih nyaman buat ngerajut. Tahan berjam-jam karena ga pegel. Dan tekstur benangnya juga ok di tangan tidak melukai kulit ataupun luntur.
Cuma khusus alat, semuanya kembali lagi ke perajut ya. Selera dan kenyamanan. Kalau benang, ya kepada konsumen/pemakai yang jelas kudu nyaman.

2. Ply itu apa?

Ply adalah besar/lebar benang. Biasanya ini pasangannya ukuran hakken/breien. Benang ply kecil, pakai alat ukuran besar, rajutannya jadi bolongnya banyak. Kalau ply besar pakai alat kecil, merajutnya ga enak, benangnya keluar jalur terus. Pengalaman aja sih.

3. Belajar knit atau crochet dulu?

Terserah. Orang belajar merajut kan motivasinya beda-beda. Kalau cuma ikut trend cobain aja semua dan pilih yang mudah. Kalau mau cepet supaya jadi duit produknya, crochet di Indonesia lebih gampang dijual. Kalau udah cinta ama rajutan kaya eyke, dalamilah semuanya termasuk setidaknya tahu kawan-kawannya seperti tatting, macrame etc.

4. Belajar dimana?
Hampir semua toko bahan craft membuka kursus kerajinan tangan, tanyalah. Atau kalau di area solo bisa belajar sama saya *eh promosi*, punya akses internet berlebih buka youtube disana banyak tutorial, suka pergi ke toko buku belilah buku merajut dasar.
Gampang kan belajar.

5. Pilih benang impor atau lokal? Karena lokal juga banyak yang bagus.

Terserah! Sesuai kebutuhan aja. Yang jelas bedanya, kalau benang impor selalu ada label dan keterangan mengenaj panjang benang, ukuran alat yang cocok, jenis benang dan cara perawatan produknya kalau udah jadi memakao benang tersebut. Ini kelebihan benang impor. Buat jadi
masukan juga ke produsen-produsen benang di Indonesia ya.

6. Mau nambah pattern / pola dimana?

Di toko buku banyak, di youtube banyak, di internet di website (just googling) banyak banget. Yang jelas saya yakin deh kita ga akan punya banyak waktu untuk coba semua pola satu persatu. Karena hampir setiap hari muncul pola baru disaat pola kemarin aja belum tersentuh dan rajutan minggu lalu belum selesai hahahaha

7. Beli bahan dimana?

Di toko bahan craft dong. Minimal disana pasti ada hakken biasa dan benang katun lokal. Kalau breien memang agak susah dicari.
Kalau mau variasi, di toko online banyak. Punya medsos kan?, manfaatkanlah.

image

Ok selamat merajut kawan
salam kreasi DSY

Advertisements

Published by

Frayana

Woman who loves knitting and crochet and playing music

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s