Mengganti dan menyelipkan benang knitting

Merajut dengan teknik knitting, biasanya juga akan terjadi pergantian benang (benang habis maupun ganti warna).

Yang jadi masalah biasanya adalah benang yang “kleweran” gak rapi.
Cara merapikan benang biasanya ada dua cara dengan cara mengikutkan pada tarikan (fair isle teknik) atau menyelipkan dengan jarum tapestry.

Biasanya saya menggunakan keduanya. Ketika terjadi pergantian benang, saya gunakan teknik fair isle sekitar 5-6 tarikan, lalu saya lanjutkan dengan selipan jarum tapestry.

Salah satu cara “mengikutkan” benang dengan teknik fair isle hampir sama dengan ketika pergantian benang di merajut crochet. Yang ribet mana? Lebih ribet knitting karena pakai menyangkutkan , ga bisa langsung seperti crochet.

Mari kita lihat saja contohnya

Posisi awal seperti ini, dimana yang saya lingkari hijau adalah 2 helai benang yang akan dijepit/dibawa. Saya mengganti warna benang dari merah ke krem.

image

Supaya benangnya rapi, kita bawa ke sisi atas benang krem yang sehelai seperti ini

image

Jadi bisa dilihat benang 2 helai ada di atas dan benang sehelai yang akan diambil ada dibawahnya. Ambil benang sehelai dengan teknik knit seperti biasa. Dengan catatan, ketika mengambil benang posisi breien di atas semua helai benang.
Jadi dari bawah urutannya benang yang akan ditarik 1 helai, lalu 2 benang sisa yang akan dijepit/dibawa, lalu breien.

image

Setelah kita knit, maka hasilnya akan seperti gambar diatas. Lihat benang krem yang berderet rapi itu kan ….

Beda membawa benang dengan fair isle teknik dan menggunakan jarum tapestry ada di kekuatannya. Lebih kuat yang teknik fair isle.

visit&like my FB Page : DSY
Thank You ^^

Buku rajutan

Mau cerita dikit soal buku rajutan.

So far saya mengkoleksi beberapa buku rajutan yang menurut saya “awalnya” bagus.

Yang bertahan saya “sukai” sampai hari ini cuma ada 4 ini

image

2 buku knitting
1 buku crochet
1 buku net / rajut jaring

Semuanya impor.
Koq ga ada yang buatan Indonesia?
Adaaa. Saya punya beberapa buku milik penulis Indonesia.

Ada penulis muda yang kita tau bahwa doi juga punya usaha benang rajut, tapiiiii imho isi bukunya terlalu datar dan dangkal dan susah dimengerti gaya bahasanya.

Ada penulis yang udah tua, bukunya komplit jenis pola produk rajutannya, tapi kelakuannya di media sosial gak banget *iyelah gw beli langsung ama doi*. Tapi orangnya sama sekali gak simpatik.

So…penulis buku rajut Indonesia gak ada yang jadi favourite saya ,peduli amat desss yang penting kan elu beli bukunya mereka dpt royalti  haha.

Dan IYES, buku craft rajutan itu ada dan banyak banget modelnya. Favorit saya yang dua ini. Knitting dan crochet.
Yes surely its a lifetime activity. Hahah
1 halaman aja isinya berapa motif gitu kaaaann…dan yang bikin favorit lagi adalah saya beli di toko online yang packaging dan pelayanannya bagus dan baik.

image

packagingnya pakai busa gabus dan kardus tebal.
Book eater mana yang ga senang kalau beli buku kirimnya rapih dan aman 😄

visit&like my FB Page : DSY
Thank You ^^

Menggunakan hakken yang berbeda

Boleh gak sih kita pakai hakken yang berbeda untuk satu proyek?

Boleh , jika…besar ply benang berbeda.

Tidak, jika …. benangnya sama.

image

Yang bergaris kotak adalah hasil jika menggunakan hakken dengan ukuran yang berbeda untuk 1 benang yang sama. Ga rapi dan bergelombang kemana-mana.

Lalu apa hasilnya jika kita menggunakan hakken yang sama TAPI benangnya yang beda-beda plynya?
image

Ya begini ini ….pinggirannya kemana-mana gak rapi.

visit&like my FB Page : DSY
Thank You ^^

New Hakken !

Mau say goodbye sama hakkken grey saya yang saya beli tahun 2015

image

dengan harga Rp.590.000 dan dijual lagi di tahun 2016 dengan harga Rp.400.000 hahahaha

Dibeli sama mba yuni teman sesama perajut.

Kenapa saya jual? Karenaaaa
Baru dapat arisan si tulip etimo rose PINK soft yang saya sukai. Suka karena pakae hakken tulip selalu enak *menurut saya* ,suka karena ini warnanya lebih cewek hahahah

image

Cuzz lah cukup deh puas sama yang ini. Tinggal hunting si addi turbo ajah

visit&like my FB Page : DSY
Thank You ^^

Hakken dan Breien

Dalam knitting, walaupun pakai breien. Kita tetap memerluka  hakken untuk mencongkel benang yang meleset ketika di knit. Karena benang yang meleset ketika di knit bisa membuat knit project kita bolong.

Setelah di kait dengan hakken, barulah kita masukkan lagi ke breien untuk ikut di knit dengan teman – temannya.

image

Membereskan stitch yang meleset ketika ber – knitting ini agak susah. Tidak bisa saya jelaskan dengan bahasa tulisan yang baik dan jelas.. intinya kalau kelewatan atau meleset , baris itu dibongkar saja lalu diulangi dari baris sebelumnya.
Well…actually ada cara lainnya , tapi harus didemokan.

Yang pengen belajar teknik serba serbi knit, yuuuk belajar di workshop saya.

visit&like my FB Page : DSY
Thank You ^^

Selimut

Saya pengen punya selimut buatan tangan saya sendiri di hari tua.
So…mulailah saya dengan proyek selimut ini. Tahun ini 2016.

Benangnya pakai gabungan benang wool, katun big ply dan segala benang bayi yang halus.

Warnanya suka-suka saya campur tabrak dll dkk. Pokoknya cantik.

Baru jadi selembar kecil

image

Cantik yaaa….

Saya bikin awalnya pakai stokinet (yang biru tua) tapi koq lelah. Akhirnya saya main knit saja terus.

visit&like my FB Page : DSY
Thank You ^^

Dompet Knitting

Lagi suka tusuk motif stockinette.
Yang bikinnya dengan knitting dan purl bergantian per baris.

Bikin dompet mini dari sisa benang bulky. Soooo cute.
Caranya gampang, bikin cast on selebar yang diingginkan, lalu knitselebar 2-3cm.

Kemudian lanjutkan knit dan purl untuk bikin motif stockinette.

Setelah jadi lembaran, dilipat dan dijahit menyerupai dompet. Beres deh .

image

image

Kalau dilipat seperti ini *tangan tak terawat ikut mejeng ya*  hihi

image

visit&like my FB Page : DSY
Thank You ^^